Jualan Lewat fb ads

Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page atau halaman facebook yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

Halaman facebook yang dibuat memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakannya untuk tujuan bisnis dan ada juga yang tidak. Pada kesempatan ini, saya ingin mengulas mengapa saya tertarik belajar Jualan Lewat fb ads untuk memberikan motivasi buat Anda yang belum pernah memanfaatkan facebook ads dalam berjualan.

Jualan Lewat fb ads
Jualan Lewat fb ads

Perkenalkan saya Ibnu Batauga, saya adalah lulusan pendidikan matematika. Saya sudah tertarik belajar Matematika sejak sekolah dasar, apalagi ketika memasuki kuliah pada program studi pendidikan matematika di salah satu universitas swasta di Sultra.

Saya mengambil program sarjana pendidikan prodi Matematika setelah gagal tes masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) pada tahun 2012. Padahal, tidak ada kepikiran ingin jadi guru karena tahunya ingin kuliah saja. Mungkin karena Matematika merupakan pelajaran yang saya sukai.

Saya menjani kuliah dengan serius, alhamdulillah saya lulus dengan predikat cumlaude dengan nilai IPK yaitu 3,83 pada Desember 2016 kemudian diwisuda pada tahun 2017. Di masa kuliah itu, saya sudah mengelola blog Matematika Ku Bisa pada tahun 2014 sampai sekarang. Mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca yang ingin belajar matematika.

Setelah lulus saya mengajar les atau privat dan sesekali menjadi pengajar di sekolah sambil mempersiapkan berkas untuk ikut seleksi tes beasiswa LPDP dalam negeri pada akhir tahun 2018.

Setelah berkas-berkas yang dibutuhkan sudah lengkap, saya pun mendaftar. Saya lulus berkas dan berkesempatan mengikuti tes tertulis, diskusi, dan wawancara untuk dapat dinyatakan lulus sebagai calon penerima beasiswa dalam negeri. Pada saat itu, tes dilakukan di Kota Makassar.

Setelah mengikuti serangkaian tes dengan baik, maka saya dinyatakan lulus tes seleksi dan berkesempatan mengikuti kegiatan persiapan keberangkatan (PK) di Depok, Jabar.

Saya pun berangkat bersamaan sedang akan diadakannya tes CPNS. Keluarga menyarankan agar saya ikut tes CPNS juga tapi saya tidak mau. Tidak ada keinginan untuk menjadi PNS, mau kuliah dulu, nanti saja kalau sudah kuliah, kata saya.

Setelah mengikuti kegiatan selama sepekan di Depok, saya pun diresmikan sebagai penerima beasiswa. Selanjutnya, saya harus mempersiapkan diri untuk mendaftar di universitas yang saya pilih yaitu di IPB program S2 Matematika Terapan pada awal tahun 2019.

Qadarullah karena ada alasan dan lain hal, maka saya memilih untuk tidak melanjutkan studi dan tidak ada keinginan juga ingin mendaftar CPNS. Saya ingin menjadi pebisnis saja, tapi ingin berbisnis apa, apalagi memulai bisnis harus memiliki modal yang cukup.

Kebanyakan orang berpendapat bahwa kendala awal untuk memulai bisnis adalah tidak punya modal. Padahal, menurut saya, kendala awalnya itu karena tidak tahu mau berbisnis apa. Adapun modal adalah persoalan berikutnya. Modal hanya menjadi faktor pertimbangan dalam memilih bisnis yang cocok. Untuk itu, mulailah dengan melihat potensi yang dimiliki.

Saya melihat ada potensi yang saya miliki yaitu mengelola blog (otak atik blog dan menulis), saya termotivasi juga dari Mas Sugeng, seorang blogger yang mendesain template blog kemudian menjualnya, maka saya pun mulai dari menulis buku untuk dijual dan belajar redesign template bawaan blogspot untuk dijadikan sebagai landing pagenya.

Setelah selesai menulis buku dan mencetaknya sendiri, saya mempromosikannya melalui blog matematika yang saya kelola, halaman facebook Matematika Ku Bisa, menjualnya lewat Google Play Buku, dan mempromosikannya ke teman-teman. Alhamdulillah, beberapa orang tertarik ingin memesan dan ada hasil penjualannya juga di Google Play Buku.

Jauh hari sebelum mendaftar beasiswa, sebenarnya saya sudah menulis sebuah buku kecil dengan judul "Metode Berhitung Alif: Melatih Kekuatan Otak pada Anak" tetapi tidak terlalu diminati karena buku itu hanya berisi teori tentang pengenalan Metode Berhitung Alif. Nanti, di pertengahan tahun 2019, saya menyelesaikan buku kedua yang berjudul "Belajar Matematika dari Dasar" dan di akhir tahun menyelesaikan "Buku Belajar Berhitung Anak SD".

Untuk buku kedua dan ketiga, dicetak sebanyak 100 pcs sehingga saya memikirkan bagaimana cara menjualnya agar bisa laku karena saya akui bahwa saya bukanlah seorang penulis yang dikenal oleh orang. Jika saya mempromosikannya ke teman-teman, mungkin ada yang berminat. Lalu, bagaimana dengan orang lain?

Di saat yang bersamaan, saya sedang belajar tentang Facebook Ads karena tertarik dengan iklan di facebook yang biasa muncul di beranda akun facebook saya yang menceritakan pengalaman sukses seorang mentor menghasilkan puluhan juta bahkan ratusan juta karena menggunakan facebook ads dalam menjalankan bisnis mereka.

Dalam kita beriklan di facebook, ada yang namanya kampanye atau objektif (tujuan beriklan), yaitu kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Jadi, sebelum kita beriklan di facebook, kita harus tahu untuk tujuan apa kita menggunakan facebook karena akan menentukan hasil apa yang didapatkan.

Jangan tujuannya mendatangkan calon buyer ke landing page kita, tetapi memilih kampanye kesadaran masyarakat terhadap sesuatu, tetapi memilih objektif yang mana facebook akan mencarikan kita orang-orang yang kemungkinan akan mengklik link iklan kita yang akan mengarahkan ke landing page kita. Dalam hal ini, kita memilih objektif "lalu lintas kunjungan".

Kalau tujuan kita beriklan di facebook untuk mendatangkan orang-orang yang tidak hanya cenderung klik tetapi juga cenderung melihat konten landing page kita setelah mengklik link pada iklan kita maka pilihlah objektif konversi pada level "lihat konten".

Akan tetapi, jika tujuan kita beriklan di facebook untuk mendatangkan orang-orang yang tidak hanya cenderung melihat konten tetapi juga cenderung mengklik button kontak pada landing page kita setelah melihat konten landing page kita (yang di dalamnya ada gambar dan tulisan) maka pilihlah objektif konversi pada level "kontak".

Iklan saya di facebook saat ini fokus pada dua objektif itu saja yaitu bagaimana mendatangkan banyak pengguna facebook untuk melihat konten landing page dan menghubungi saya melalui kontak (SMS/WhatsApp) untuk memesan produk yang saya jual.

Untuk beriklan di facebook ads dengan objektif konversi, maka Anda harus memiliki landing page yang di dalamnya ditanamkan kode Pixel Facebook yang gunanya melacak aktivitas pengunjung landing page Anda. Dalam beriklan di facebook ads, saya menggunakan Lajang Template Blogspot sehingga bisa menggunakan objektif konversi pada level lihat konten dan kontak.

Saya menggunakan template blogspot untuk membuat landing page karena sudah cukup saya gunakan untuk beriklan di facebook Ads, selain simple pemakainnya, saya tidak ingin mengeluarkan modal yang banyak untuk membuat website di wordpress untuk membuat landing pagenya dan juga ribet bagi yang belum tahu bagaimana membuat website dengan tampilan landing page di wordpress.

Saya sudah pernah mencoba membeli hosting dan domain untuk digunakan, tetapi bertahan selama satu tahun saja karena memang modal tidak mencukupi sedangkan penggunaannya juga tidak optimal karena saya masih tahap belajar dan mencoba. Apalagi dalam beriklan di facebook, masih proses belajar saja dan masih tahap uji coba produk mana yang bisa laku untuk market tertentu yang kita targetkan.

Dari berbagai tutorial di internet tentang fb ads dan juga dari buku yang saya beli tentang bagaimana beriklan di fb ads dan instagram, sambil praktek beriklan selama ini, alhamdulillah, saya bisa menghasilkan penjualan juga walaupun belum mencapai hasil yang bagus. Artinya, ada potensi besar apabila menekuni "cara berjualan di facebook ads" ini.

Tidak hanya jualan buku matematika, saya mencoba mencari produk yang sesuai dengan potensi yang saya miliki saat ini. Alhamdulillah, ketemu supplier custom case, maka saya mencoba menjual casing dengan motif matematika kepada orang-orang yang memiliki kesamaan dengan saya. Lihat CP Matematika Ku Bisa.

Bukan hanya jualan buku atau casing matematika, saya juga mencoba menjual produk lain yang bisa dijual lewat fb ads. Contohnya adalah jualan Kurta Ikhwan, Hoodie Ikhwan, dan mencoba menjual obat herbal di Fredbal Store dan apa saja yang nanti bisa dijual.

Kunci keberhasilan dalam berjualan lewat fb ads adalah pada "produk apa" dan "target market yang tepat". Jika kita mempunyai produk yang dibutuhkan atau diinginkan oleh sejumlah orang dengan kebutuhan dan keinginan yang sama maka in syaa Allah akan menghasilkan penjualan.

Tugas facebook hanyalah mencarikan orang-orang yang kita targetkan. Semakin tertarget iklan kita maka semakin baik juga hasil iklan kita di facebook ads. Tentunya, ada juga faktor-faktor pendorong lainnya seperti materi iklan, penawaran, dan pelayanan yang bikin calon pembeli terdorong ingin segera membeli.

Itulah sedikit pengalaman saya Jualan Lewat fb ads, semoga bisa bermanfaat buat Anda yang sedang jualan tetapi belum mencoba menggunakan fb Ads. Anda bisa mempelajari ilmunya sambil mempraktekannya. Banyak tutornya tersedia di internet secara gratis atau ikut kelas online berbayarnya saja jika Anda memang seorang pebisnis. Tinggal pilih saja mana yang memudahkan saat ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Promo Domain Murah

Salah satu manfaat memiliki nama domain adalah mengenalkan brand Anda, apakah itu tentang personal, produk, atau bisnis Anda.

0 Response to "Jualan Lewat fb ads"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel