Mulai Jualan dengan Mindset Pebisnis

Pada artikel sebelumnya, saya mengajak teman-teman yang sarjana tapi merasa ngganggur untuk mulai berjualan aja. Anda bisa membaca postingannya di Sarjana Tapi Nganggur, Jualan Aja.

Untuk memulai berjualan, penting sekali untuk memiliki mindset atau pola pikir yang positif karena ini akan menentukan sejauh apa dan bagaimana Anda nanti akan berjualan.

Pada dasarnya, berjualan itu tujuannya untuk mendapatkan penjualan. Semakin banyak penjualan yang terjadi maka semakin banyak keuntungan.

Keuntungan yang didapatkan itu adalah selisih harga jual dan modal setiap penjualan yang terjadi.

Pertanyaan yang mungkin timbul adalah jualan apa yang paling laku, untungnya gede, dan re-ordernya tinggi, dan differensiasi kuat?

Jika Anda mampu memikirkan hal-hal seperti itu maka selamat Anda memiliki mindset yang bagus sebagai seorang pebisnis.

Anda harus memiliki mindset seorang pebisnis, bukan hanya seorang pedagang karena keduanya berbeda.

Jika pedagang maka ia hanya memikirkan bagaimana dagangannya bisa laku. Berbeda dengan orang yang jualan tetapi bermental pebisnis maka target yang hendak dia capai lebih daripada menghasilkan penjualan saja.

Keuntungan yang dihasilkan oleh seorang pedagang itu sifatnya sementara yaitu selama ia mampu menjual dagangan saja sedangkan keuntungan yang dihasilkan oleh seorang pebisnis harus bersifat jangka panjang.

Seorang pedagang itu menjual barang langsung ke pembeli (end user) sedangkan seorang pebisnis selain bisa langsung ke pengguna, ia juga harus memikirkan bagaimana cara menjualnya melalui tim penjualannya atau melalui reseller yang ia bangun.

Seorang pebisnis juga memikirkan bagaimana cara mendatangkan trafik atau calon customer secara otomatis, tidak melulu secara manual seperti pedagang keliling.

Jangan seperti pedagang yang hanya fokus mendatangkan, merawat, dan mengembangkan customer. Mau sampai kapan dilakukan?

Jika seperti itu fokusnya maka Anda akan selalu disibukkan dengan itu. Jika Anda tidak melakukan itu maka Anda tidak akan bisa mendatangkan penjualan yang banyak.

Kita harus memikirkan bagaimana cara penjualan itu bisa terjadi tanpa kita aktif mencari customer bahkan tidak melakukan apa-apa pun untuk itu.

Maka dalam berjualan, Anda perlu mekiliki toko baik secara offline atau online, membangun branding dari bisnis jual beli Anda baik branding toko atau produk, memiliki tim penjualan atau karyawan yang bekerja untuk Anda, memiliki strategi marketing yang bagus, dsb.

Itulah mindset yang harus kita miliki, agar jualan kita tidak hanya sekedar jualan tetapi ingin menjadi seorang pebisnis.

Ingat ya, pedagang belum tentu seorang pebisnis, pedagang hanya bertujuan untuk menghasilkan penjualan saja sedangkan pebisnis itu membangun sistem dan aset maka dari itu kita harus memiliki mindset seorang pebisnis dalam berjualan.

Kita mulai dari hal-hal kecil yang kita bisa, jangan banyak teori tapi minim praktek. Praktek aja dulu lalu evaluasi.

Setelah praktek, kita bisa belajar dari hasil yang telah kita capai sehingga bisa memperbaiki apa yang kurang dan apa yang perlu dioptimalkan.

Agar kita bisa terus bertumbuh setiap harinya dalam bisnis yang sedang kita bangun. Walau untungnya masih sedikit, yang terpenting halal, setuju?

Sarjana Tapi Nganggur, Jualan Aja
WA +6282349165919

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Promo Domain Murah

Salah satu manfaat memiliki nama domain adalah mengenalkan brand Anda, apakah itu tentang personal, produk, atau bisnis Anda.

0 Response to "Mulai Jualan dengan Mindset Pebisnis"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel