Panduan Menjadi Blogger Matematika

Saya telah menulis postingan dengan judul Sarjana Pendidikan Tidak Harus Jadi Guru, Anda bisa menjadi blogger baik secara part time atau full time karena sudah memiliki keterampilan untuk menulis dan juga mengembangkan tulisan.

Sebelum memutuskan untuk mencoba dunia blogging, silahkan baca dulu Guru Menjadi Blogger Apa Untungnya karena postingan ini secara khusus dibuat bagi mereka guru atau mahasiswa yang sedang kuliah di program studi pendidikan matematika.

Namun, bagi Anda guru atau mahasiswa di luar dari pendidikan matematika, bahkan bagi siapa saja juga bisa mengikuti panduan singkat ini, "Panduan Menjadi Blogger Matematika".

Menjadi Blogger Matematika
Menjadi Blogger Matematika

Berikut ini panduan bagaimana menjadi blogger matematika.

1. Buat Blog Matematika Pertama Anda


Sebelum membuat blog, Anda harus mengetahui apa pentingnya membuat blog dan mengapa Anda harus membuatnya.

#Apa pentingnya membuat blog?

Bagi Anda mahasiswa pendidikan matematika yang akan memasuki dunia kerja. Tidak mudah bagi Anda untuk dapat pekerjaan menjadi seorang guru atau pengajar matematika, kecuali Anda benar-benar memiliki jaringan atau hubungan di tempat kerja Anda, atau Anda memiliki kemampuan di atas rata-rata sehingga dibutuhkan dan menerima tawaran mengajar.

Padahal, setiap tahun lulusan pendidikan bertambah lebih cepat daripada lapangan kerjanya. Akibatnya, setelah lulus, Anda mungkin harus memilih bekerja tidak sesuai ijazah.

Lalu, netijen bertanya: "Ngapain kuliah kalau kerjaannya gak sesuai ijazah?"

Kita jawab "Yang penting halal".

Tapi, pertanyaan netijen itu sebenarnya adalah kritikan yang baik. Mampukah kita mengaplikasikan ilmu yg dipelajari selama 4 tahun? Kalau tidak bisa, jangan kuliah!

Karena masuk di dunia kerja yang berbeda dari jurusan, sangat sulit ditemukan aplikasi bidang studi yang telah kita pelajari. Kalaupun ada, hampir tidak ada kaitannya.

Baca Manfaat Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Miliki Alasan yang Kuat untuk Membuat Blog


Anggap saja Anda telah lulus kuliah di pendidikan matematika. Setelah lulus Anda mau kemana? Kerja apa? Ngajar dimana?

Kita tahu bahwa Matematika merupakan pelajaran yang selalu dipelajari dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Matematika juga pelajaran yang dianggap sulit.

Dengan dua alasan tersebut, kita seharusnya bisa memanfaatkannya untuk bisa membuka lapangan kerja sendiri. Bagaimana caranya? Ini yang sedang kita bahas. Jadi, baca sampai akhir ya.

#Mengapa saya sarankan membuat blog?
Saya adalah seorang blogger, memulai belajar ngeblog sejak November 2013, saat masih jadi mahasiswa pendidikan matematika.

Saat itu, ngeblog cuman hobby saja karena saya hobby menulis. Namun, saat ini, saya ingin fokus membangun blog karena saya sangat tahu pentingnya buat blog bagi seorang pengajar matematika. Apalagi punya hobby menulis.

Tahukah Anda, ada banyak blogger saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa menjadi blogger ada keuntungannya tersendiri.

Bahkan ada yang berhenti bekerja di suatu perusahaan, hanya ingin menjadi full time blogger. Bukan lagi sampingan. Karena ia telah bisa menghasilkan uang, puluhan juta per bulan dari blog yang ia miliki yang telah ia bangun sejak sebelum berhenti dari pekerjaannya di sebuah perusahaan.

Tapi, bukan itu yang ingin saya kemukakan. Karena itu hanya untuk memotivasi. Alasan mengapa Anda harus menjadi blogger bagi Anda yang menekuni pelajaran matematika adalah sebagai berikut.

#1. Menghilangkan anggapan bahwa percuma kuliah tapi kerjaannya gak sesuai ijazah.

Dengan menjadi blogger, Anda masih bisa mengajarkan ilmu matematika, artinya Anda masih punya motivasi belajar matematika dan mengajarkannya walaupun Anda sedang bekerja yang tidak ada kaitannya.

#2. Melatih kemampuan menulis

Bagi pengajar, baik matematika ataupun yang lain, harus punya keterampilan menulis. Suatu saat Anda ingin menulis bahan ajar, maka Anda tidak akan kesulitan lagi dalam merangkai kata-katanya. Bagi mahasiswa, bisa dijadikan latihan menulis yang akan berguna nantinya ketika menyusun skripsi.

#3. Membangun kepercayaan orang lain terhadap Anda

Dengan membuat blog, Anda bisa membangun personal branding. Orang yangg sudah terkenal, itu mudah dipercaya. Sedangkan yang tidak terkenal harus membangun personal branding, salah satu caranya adalah dengan membuat blog.

#4. Bisa menjadi penghasilan tambahan

Ya, ini yang banyak dijadikan tujuan, buat blog hanya agar bisa menghasilkan uang. Tapi, jangan jadikan ini sebagai fokus utama, dimana Anda membuat blog hanya ingin menghasilkan uang.

Fokus utama kita adalah menulis pengetahuan matematika yang kita miliki sehingga bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

Jika Anda sudah memiliki alasan yang kuat, silahkan buat blog dengan mempelajari Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dengan Mudah

3. Ketahui cara membangun blog yang berkualitas


Bagi seorang guru atau mashasiswa pendidikan matematika, tidak diragukan lagi bahwa mereka telah memiliki pengetahuan yang memadai dalam matematika untuk membuat postingan di blog.

Namun, untuk menjadi blogger matematika, hal tersebut tidaklah cukup. Anda harus memiliki pengetahuan bagaimana cara membangun blog yang berkualitas.

Sebelum membuat blog, pikirkan apa-apa saja yang harus Anda tulis atau sediakan di blog Anda sebagai perencanaan awal Anda, yaitu menentukan topik utama tulisan Anda nantinya.

Apakah dengan topik utama blog Anda tersebut, Anda mampu mengembangkan tulisan dengan judul-judul yang berpotensi dikunjungi banyak orang.

Untuk itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu apakah blog yang Anda akan buat akan dicari oleh orang lain. Caranya dengan Mencari Kata Kunci Terbanyak di Google sesuai dengan topik blog Anda.

Misalnya, saya ingin membuat blog dengan topik utama bagaimana cara mengerjakan soal-soal matematika berdasarkan materi tertentu pada pelajaran matematika dasar hingga menengah atas.

Maka saya melakukan riset kata kunci apa yang sedang dicari, untuk menentukan judul postingan nantinya dengan mengetikkan "cara mengerjakan soal".

Setelah melihat hasilnya, saya pun menjadikan kata kunci pencarian tersebut sebagai judul postingan di blog dengan hanya sedikit perubahan.

Anda bisa melihat blog matematika yang saya buat dengan topik utama "cara mengerjakan soal" di alamat Cara Kerja Soal.

Sebelumnya saya telah membuat blog "cara membuktikan", tapi karena topiknya terlalu sulit dan sedikitnya kata kuncinya, maka saya terpaksa harus memindahkan artikel-artikel dalam blog tersebut ke blog saya yang lain karena merasa akan sangat sulit untuk mengembangkannya.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memikirkan apa topik utama blog Anda agar Anda bisa menentukan judul-judul postingan yang berkaitan.

Silahkan baca pengelaman saya tentang Belajar Ngeblog dari Nol. Saya agak sedikit menyesal karena membuat blog campur-campur hingga kebingungan untuk membangun blog "Matematika Ku Bisa" dimana topiknya terlalu luas dengan hanya saya sendiri yang mengelolahnya.

4. Belajar dan praktek


Membuat blog itu gampang-gampang sulit. Akan banyak kendala yang akan Anda hadapi, baik dari dalam diri Anda ataupun dari luar Anda.

Dalam diri Anda, misalnya Anda akan mengalami kemalasan. Ini yang akan Anda hadapi nantinya. Makanya, sejak awal saya sampaikan bahwa Anda harus memiliki alasan yang kuat untuk membangun blog.

Anda harus punya motivasi baik dari dalam atau dari luar diri Anda, mengapa Anda memilih menjadi blogger agar Anda tidak berhenti di tengah jalan.

Anda harus terus belajar sambil praktek. Bagaimana teknisnya mengelolah blog. Karena mengelolah blog, bukan hanya persoalan posting artikel kemudian selesai.

Anda harus mengupayakan agar artikel blog Anda bisa dikunjungi oleh orang lain. Ibarat sebuah toko, jika tidak ada pengunjungnya maka akan sia-siasaja mendirikan tokonya yang akhirnya harus ditutup.

Toko yang baik adalah toko yang menjual barang-barang berharga yang dibutuhkan dan memiliki banyak pengunjung.

5. Integrasikan blog Anda dengan media sosial


Setelah membuat blog, maka langkah penting yang tidak boleh dilewatkan adalah "promosikan blog Anda".
Hal tersebut harus Anda lakukan. Apalagi bagi Anda yang memiliki akun sosial media yang memiliki daftar teman atau pengikut yang banyak.

Misalnya, pada profil akun media sosial yang Anda miliki, tambahkanlah alamat blog Anda.

Saya sarankan bagi Anda untuk membuat facebook page (halaman facebook) dengan menghubungkannya dengan situs blog yang Anda miliki.

Anda bisa menshare postingan-postingan baru Anda di halaman facebook yang Anda buat.

6. Kenali target pembaca


Anda juga perlu mengenali dengan baik siapa target pembaca Anda. Dilihat dari jenis kelamin, umur, perangkat browser yang digunakan, pekerjaan, minat, dsb.

Anda membuat blog untuk siapa? Apakah untuk siswa, orang tua, guru, orang tertentu atau umum.

Hal ini penting agar cara menyajikan pembahasannya tepat sasaran sehingga bisa memudahkan pembaca blog Anda dalam memahaminya.

Untuk mengetahui bagaimana karakteristik pengunjung Anda, bisa dengan memasang kode pixel facebook ke blog Anda. Caranya cukup mudah dan sudah banyak yang menulis artikelnya di internet.

7. Fokus mengisi postingan yang kaya akan informasi atau pengetahuan


Langkah ini adalah yang paling penting. Fokuslah memposting artikel yang kaya akan informasi atau pengetahuan.

Ketika pengunjung blog Anda membaca postingan Anda, ingin rasanya ia ingin berlangganan tulisan di blog Anda atau ia menyimpan alamat artikel Anda sehingga bisa dikunjungi lagi nanti.

Ia membagikan artikel Anda tanpa meminta mereka, itu artinya postingan Anda sangat menyenangkan untuk dibaca.

8. Buat tampilan blog Anda user friendly


Ini juga penting, bagaimana membuat tampilan blog user friendly. Maksudnya apakah blog Anda ramah dengan pengunjung.

Apakah tampilan blog Anda menarik, ringan dan cepat diakses, mudah digunakan, dan responsive (menyesuaikan dengan ukuran layar browser yang digunakan).

Karena hal tersebut menjadi penentu apakah pembaca mau membaca sampai selesai postingan Anda dan apakah ia mau membaca postingan yang lain.

Maka saya sarankan untuk memilih template blog yang user friendly.

9. Pelajari kode latex dan cara menuliskannya di blog


Ini adalah keterampilan yang harus Anda miliki. Saya telah menuliskannya secara terpisah pada postingan yang lain dengan judul Cara Menulis Simbol, Rumus dan Persamaan di Blog.

Jika Anda ingin membuat latihan mengerjakan soal secara online di blogspot, silahkan pelajari Cara Membuat Ujian Online di Blogspot.

10. Tentukan sumber pendapatan blog Anda


Sumber pendapatan apapun yang anda gunakan, tidak penting. Yang penting adalah traffic/pengunjungnya karena tanpa pengunjung maka tidak ada penghasilan.

Jadi, saran saya, jangan pusing di sini.

Berikut ini adalah 4 jenis sumber pendapatan blog diurutkan dari yang paling tinggi potensi keuntungannya ke yang paling rendah.

#1. Membuat produk

Produk merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Ini karena keuntungannya 100% jadi milik Anda, tidak dibagi dengan pihak lain.

Ada 2 jenis produk yang bisa Anda buat yaitu digital dan fisik.

Produk digital berarti produk yang adanya di dalam komputer Anda tanpa bentuk fisik. Berikut ini beberapa contoh produk digital:

Ebook
Video tutorial
eCourse, kursus online
Membership berbayar
Aplikasi, template, plugin
Website (jual-beli website), dll.

Beberapa contoh seperti ebook, video, ecourse, sangat mudah proses pembuatannya.

Hampir sama seperti pembuatan konten biasa, hanya saja dalam bentuk lain.

Dan berikut ini contoh produk fisik:

Buku
Kursus/kelas
Produk kreatif, dll.

Sebagai blogger, Anda sebaiknya punya rencana jangka panjang untuk membuat produk. Entah itu fisik atau digital.

Karena kalau hanya mengandalkan iklan, penghasilan blog Anda jadi kecil.

Blog merupakan tempat yang sangat baik untuk mempromosikan produk, apalagi kalau anda sudah punya pembaca yang loyal. Mereka akan setia membeli produk dari Anda. Produk yang dijual harus sama kategorinya dengan blog.

#2. Program afiliasi (Affiliate program)

Ada juga orang yang tidak ingin membuat produk sendiri.

Alasannya karena repot proses pembuatannya, mengurus pembayarannya, dan mengurus customer service-nya.

Oleh karena itu, menjadi affiliate marketer bisa jadi alternatif yang bagus.

Prosesnya seperti ini:

Anda memilih produk afiliasi untuk dijual. Lalu Anda mempromosikan produk tersebut. Ketika ada pengunjung yang membeli dari Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Jadi kita mendapatkan sekian persen dari harga produk.

Ada 2 cara anda bisa mulai mempromosikan produk afiliasi. Pertama, dengan bergabung dalam Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada.

#3. Jasa atau layanan

Bisa juga dengan menjual jasa yang sesuai dengan topik utama blog Anda.

Misalnya blog ini tentang bagaimana membuat blog jualan sambil ngeblog dan menjadi blogger matematika maka saya membuka Jasa Buat Blog jualan produk dan blog matematika.

Ini beberapa contoh lain penjualan jasa yang dapat dilakukan melalui blog:

Web developer
App developer
Desain grafis
Social media manager
Pembicara
Pelatih/tutor
Penulis, dll.

Secara umum, harga jasa lebih tinggi daripada harga produk.

Meskipun begitu, bukan berarti jasa selalu lebih bagus. Alasannya karena untuk menjual jasa, waktu yang kita keluarkan lebih tinggi daripada produk.

Tapi ini tergantung lagi dari keinginan Anda sendiri.

#4. Publisher iklan

Iklan yang saya maksud disini bukan hanya AdSense dan jaringan iklan lain, ada banyak jenis iklan lain yang bisa Anda manfaatkan.

Berikut ini beberapa jenis iklan:

Pay per Post, dibayar untuk setiap artikel yang Anda tulis
Text link, iklan berupa link
Lowongan kerja
Sponsorship
Ad Network (AdSense)

Dari beberapa cara mendapatkan penghasilan melalui blog di atas. Anda mau pilih yang mana?

Kalau saya lebih tertarik membuat blog untuk jualan produk atau jasa. Misalnya menjual buku baik digital ataupun cetak.

Menjadi blogger itu pekerjaan yang mulia.

Kita memberikan informasi yang berharga kepada orang lain secara gratis. Kita menolong banyak orang untuk memecahkan masalah dengan cara memberikan solusi.

Maka buatlah konten yang berkualitas, pastikan isinya bermanfaat bagi orang lain, lalu kita promosikan dengan etis.

Catatan: Pembahasan no 10. ini saya kutip dari artikel dengan judul "Bagaimana Mendapatkan Penghasilan dari Blog Hingga Ratusan Juta Bahkan Milyaran per Bulan" yang diterbitkan melalui link Uang dari Blog - panduanim.com

Mungkin itu saja dulu, yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini, ada manfaatnya bagi Anda yang ingin menjadi blogger matematika.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Promo Domain Murah

Salah satu manfaat memiliki nama domain adalah mengenalkan brand Anda, apakah itu tentang personal, produk, atau bisnis Anda.

0 Response to "Panduan Menjadi Blogger Matematika"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel