Manfaat Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Agar kita lebih semangat belajar matematika, akan saya jelaskan semampu saya dalam postingan ini, apa sih Manfaat Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari.

Matematika adalah pelajaran yang sulit, karena kesulitan itu, bagi siapa saja yang bisa menaklukannya, akan lebih mudah dalam mempelajari bidang studi lainnya.

Memang bagi sebagian orang, menekuni matematika itu tidak penting karena aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari tidak begitu digunakan.

"Toh, kalau menekuni matematika pun, ujung-ujungnya hanya jadi guru atau dosen matematika saja."

"Mana aplikasinya dalam kehidupan bagi mereka yang tidak menjadi guru atau dosen matematika?"

"Bahkan matematika hanya sebagai alat di bidang studi lain, maka lebih baik saya belajar bidang yang jelas aplikasinya seperti fisika, biologi, kimia, kedokteran, atau matematika terapan saja, dll."

"Ngapain belajar matematika murni kalau gak diterapkan?".

Jawaban saya, benar apa yang dikatakan itu bahwa matematika hanyalah alat sekaligus pendekatan dalam menyelesaikan masalah.

Karena itu, matematika memiliki peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang lain karena mampu menjawab permasalahan-permasalahan di dalamnya dengan cepat dan tepat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam buku kalkulus Koko Martono dikatakan bahwa matematika memuat bahasa, aturan, penalaran yang jelas dan sistematik, dan struktur yang sangat kuat.

Dengan keunggulan ini, matematika digunakan sebagai suatu cara pendekatan dalam mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, matematika juga merupakan suatu alat yang ampuh dalam pemecahan berbagai masalah ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jadi, kalau Anda tidak belajar matematika murni, Anda tidak akan bisa belajar bidang studi yang sifatnya diaplikasikan.

Belajar matematika yang bermanfaat adalah ketika kita mampu menjadikan matematika sebagai alat dan pendekatan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan, besaran, waktu, dsb. dalam kehiduapan kita sehari-hari.

Jika ditanya apa Manfaat Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari maka jawabannya bermanfaat pada kemampuan berpikir dalam bertindak misalnya memperhitungkan, memperkirakan, manaksir, mengoptimalkan suatu hasil dengan memanfaatkan keterbatasan yang ada, menimbang, mengukur, menganalisis, memahamai masalah yang sulit menjadi lebih mudah, dsb.

Dengan kemampuan matematika yang baik tersebut, seharusnya seseorang bisa merencanakan sesuatu dengan cukup teliti, akurat, dan optimal apabila berhubungan dengan bilangan dan besaran. Perhatikan gambar berikut!

Menghitung Tinggi Pohon
Gambar. Menghitung Tinggi Pohon
Jika Anda tidak memiliki alatnya yaitu matematika, bagaimana Anda bisa memperhitungkan berapa tinggi suatu pohon.

Apalagi jika pohon itu berdiri di pinggir jalan yang akan ditebang. Jangan sampai Anda salah memperkirakan tingginya sehingga membuat orang di sekeliling Anda mengalamai masalah hanya karena salah memperhitungkan.

Belajar matematika murni itu bermanfaat bagi setiap orang, selain mengajarkan kepada orang lain, juga kita dapat mengaplikasikannya sendiri, walaupun tidak secara langsung berhubungan dengan materi yang telah kita pelajari. Artinya, belajar matematika adalah belajar tentang alat dan pendekatan dalam pemecahan masalah, sehingga kembali kepada orang tersebut, bisa atau tidak bisa mengaplikasikannya.

Matematika selain sebagai alat dan pendekatan dalam memecahkan masalah, matematika digunakan juga sebagai bahasa simbolik yang kita temukan dalam kehidupan kita. Misalnya, dalam hal kodefikasi. 1 dilambangkan untuk jenis kelamin laki-laki, 0 dilambangkan untuk jenis kelamin perempuan. Dalam kelistrikan, 1 itu maksudnya on (menyala) sedangkan 0 itu maksudnya off (mati), dan lain-lain.

Dalam ilmu kimia, Anda harus betul-betul teliti menuliskan jumlah atom suatu unsur karena berbeda satu angka saja bisa mengakibatkan kecelakaan.

Misalnya, kelebihan satu atom Oksigen saja pada senyawa $H_20$ akan menjadi racun yang mematikan, karena $H_20_2$ itu sangat berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari simbol atau lambang-lambang dalam matematika.

Jika ditanya apa kaitan belajar materi matematika misalnya aljabar, geometri, trigonometri, dsb. dalam kehidupan sehari-hari maka jawabannya tergantung dari pekerjaan orang tersebut.

Misalnya bagi fisikawan, matriks dapat diterapkan pada Electric Circuits. Bagaimana menggunakan fungsi trigonometri dalam menghitung suatu panjang, dll. Perhatikan gambar di bawah ini!
Menentukan Nilai x dengan Fungsi Trigonometri
Gambar. Menentukan Nilai x dengan Fungsi Trigonometri
Pada gambar di atas, untuk menentukan nilai x, kita harus tahu bagaimana nilai tangen sudut t pada segitiga siku-siku, misalnya t=30° maka: $$\begin{align} \tan (t) &= \frac{x}{300} \\ \tan (30°) &= \frac{x}{300} \end{align}$$ sehingga x dapat ditentukan dengan cara:  $$x=300× \tan (30°) $$
Meskipun dalam kehidupan nyata, tidak seperti apa yang digambarkan di atas. Tetapi, dengan itu, kita bisa memperkirakan suatu tinggi dari suatu objek.

Agar lebih jelas, berikut ini saya jelaskan manfaat matematika yang digunakan bagi setiap orang.

Apa Manfaat Matematika bagi Setiap Orang?

1. Berhitung

Setiap orang butuh belajar matematika minimal pada ilmu perhitungan dasar (aritmatika), bagaimana melakukan perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan bilangan, minimal pada bilangan bulat.

Selain itu, pada bilangan pecahan karena dalam kehidupan sehari-hari, benda-benda di sekitar kita tidak selalu menunjukkan besaran dengan nilai bulat tetapi juga dalam bilangan pecahan.

2. Mengukur, Menimbang, dan Membandingkan

Kegiatan mengukur, menimbang, dan membandingkan ini tentunya sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Seseorang harus tahu panjang dari 1/2 meter, volume dari 1/3 liter, massa dari 1/2 kg, dsb.

Harus tahu cara menentukan besaran suatu benda dengan alat ukur yang tepat.

Harus tahu bahwa 1/2 lebih besar dari 1/3 agar jika diminta memilih benda yang lebih banyak maka  kita tidak salah dalam menentukannya. 

3. Menentukan Besaran dan Satuannya

Negara kita kebanyakan rakyatnya berprofesi sebagai petani. Bagi para petani misalnya, mereka harus menguasai besaran dan satuan beserta cara konversinya.

Harus tahu 1 meter itu berapa cm, 1 ha berapa are, 1 kg berapa gram, 1 liter berapa meter kubik, dsb.

Jika mereka tidak mengetahuinya maka tentu akan mengalami kesulitan dalam berusahatani sehingga dalam melakukan pemupukan, penyemprotan, dsb. hanya mengandalkan intuisi atau kebiasaan sehingga hasil yang dicapai kurang maksimal.

Memang betul pengalaman itu pelajaran yang berharga tapi butuh waktu yang lama. Melakukan sesuatu usaha dengan ilmu tentunya jauh lebih baik dan lebih cepat sehingga jika telah lama menekuninya maka pengalaman yang diperoleh jauh lebih banyak dari sekedar orang yang coba-coba.

Jadi, matematika itu bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari tergantung kebutuhan orang tersebut. Anda tidak perlu pintar matematika di semua materi, yang penting bisa matematika dasar dan bisa materi lain yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda.

4. Merencanakan Strategi yang Tepat

Pengetahuan tentang ilmu matematika ternyata juga harus dimiliki dalam facebook marketing (pemasaran lewat facebook) dalam menentukan pemirsa khusus (calon pembeli) saat beriklan di facebook.

Dalam beriklan di fb ads, terkadang kita ingin menentukan pemirsa dengan kriteria A dan B tetapi mengecualikan untuk kriteria C. Kriteria itu contohnya seperti umur, jenis kelamin, jenis browser yang digunakan, pekerjaan, minat, dsb.

Bisa juga menentukan pemirsa dengan hanya memenuhi salah satu syarat, A atau B tetapi tidak C.

Ini adalah berkaitan dengan teori himpunan pada materi irisan dan gabungan serta selisih antar himpunan.

Jika kita tidak memahami logika seperti ini, maka kita akan kesulitan dalam menentukan target pemirsa untuk produk atau jasa yang kita tawarkan.

Karena dengan menargetkan kepada orang yang tepat maka peluang pembelian itu juga semakin besar dan biaya beriklan yang dikeluarkan semakin kecil. Artinya kemampuan analisis sangat diperlukan dalam menjalankan strategi memasarkan produk atau jasa.

Orang tersebut juga harus tahu cara membaca data statistik yang disajikan dalam tabel dan diagram, serta mampu menentukan besaran-besaran di dalamnya. Maka, ia harus belajar persentase, nilai rata-rata, dll.

5. Memperkirakan Waktu yang Tepat

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak masalah yang berkaitan dengan memperkiraan waktu yang tepat.

Misalnya, Anda mengetahui bahwa kecepatan kendaraan Anda hanya mampu berjalan dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam.

Perjalanan yang akan Anda tempu adalah sekitar 120 km. Maka jika Anda berjalan dari pukul 07.00 maka Anda akan sampai setelah menempuh perjalanan selama 120/80=3/2 jam atau 1,5 jam pada pukul 08.30.

Tetapi, jika Anda tahu medan yang Anda lalui, tidak memungkinkan berkendara dengan kecepatan 80 km/jam maka Anda akan lebih lama melakukan perjalanan.

Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk berangkat lebih cepat agar tidak terlambat dan juga tidak terlalu terburuh-buruh.

Selain dari hal-hal di atas, masih banyak aplikasi matematika yang dapat ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik secara langsung ataupun tidak langsung,  baik yang kita sadari ataupun yang kita tidak sadari.

Semoga apa yang saya kemukakan di atas tentang Manfaat Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar matematika atau ingin belajar matematika dari apa yang menarik untuk dipejari.

Saran saya, jika Anda bukan orang yang tidak berminat menekuni pelajaran matematika, pelajari apa yang harus dan penting dari matematika sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Anda ingin PINTAR MATEMATIKA?  Ayo Belajar Matematika dari dasar! Baca Ebook Belajar Matematika dari Dasar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Promo Domain Murah

Salah satu manfaat memiliki nama domain adalah mengenalkan brand Anda, apakah itu tentang personal, produk, atau bisnis Anda.

0 Response to "Manfaat Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel