Ngeblog Sambil Jualan atau Jualan Sambil Ngeblog

Apakah pengertian dari Ngeblog Sambil Jualan atau Jualan Sambil Ngeblog? Kalau dalam matematika ada yang dikenal dengan hukum komutatif, misalnya pada perkalian bilangan bulat yaitu a×b=b×a. Tetapi, tahukah Anda bahwa meski 2×3=3×2, tetapi keduanya memiliki arti yang berbeda.

Menyambung tulisan saya yang sebelumnya dengan judul Belajar Ngeblog dari Nol dan Menjadi Blogger yang Menghasilkan Uang. Saya ingin bertanya, di posisi manakah Anda ingin berada, Ngeblog Sambil Jualan atau Jualan Sambil Ngeblog, ataukah ingin menjadi blogger murni. Mari kita simak pengertian dari masing-masing istilah tersebut berikut ini.

1. Blogger Murni

Saya mengartikannya sebagai orang yang fokus menulis postingan di blognya, tidak menjual suatu produk di blognya. Intinya, tujuan ngeblognya untuk mengedukasi pembacanya. Tetapi, tidak berarti ia tidak memanfaatkan blognya untuk menghasilkan uang. 

Tujuan ngeblognya, bukan semata-mata karena ingin menghasilkan uang. Tapi, hanya ingin mengedukasi pembaca walaupun banyak blogger murni yang bisa menghasilkan uang. Tapi, penghasilannya diperoleh murni karena konten blognya bukan karena mendapatkan uang dari hasil penjualannya kepada pembacanya.

Untuk menghasilkan uang dengan menjadi blogger murni, sangatlah tidak mudah bahkan butuh waktu bertahun-tahun, karena harus banyak-banyak membuat postingan yang bisa dikunjungi oleh banyak orang. Semakin banyak pengunjung semakin cepat untuk menghasilkan uang.

Terkait tampilan blognya, blogger murni menggunakan template blog yang umumnya memiliki judul postingan, tanggal posting, label, postingan terkait, arsip postingan, kolom komentar, tombol berlangganan, dll.

2. Ngeblog Sambil Jualan

Saya mengartikan ini sebagai semi blogger, bisa dikategorikan blogger murni atau pedagang online tergantung mana yang dominan. Kalau ngeblognya dominan, tetap dikategorikan blogger walaupun jualan. Ia menjadikan kegiatan ngeblog untuk tujuan jualan. Misalnya, jualan jasa bimbingan oline dimana postingan-postingannya tentang pelajaran tersebut. Tapi, yang berada pada posisi ini harus betul-betul cerdik menempatkan artikel dan produk penjualan pada posisi-posisi yang stategis karena tujuan orang mengunjungi blog kita hanya mencari informasi. Tidak ada niat untuk membeli. Ngeblog seperti ini cocoknya mengikuti bisnis Affiliate Marketing. Sebelum lanjut, saya mau tanya pilih mana? Mau jadi blogger murni atau semi blogger? Sebelum dijawab baca dulu Masih Mau Ngeblog karena Uang atau Hobby.

3. Jualan Sambil Ngeblog

Ini lawan dari blogger murni, ia ngeblog hanya untuk mengedukasi pembaca tentang produk yang sedang ia jual atau ingin menarik pengunjung untuk berkunjung melihat produknya baik memanfaatkan mesin pencari seperti Google atau melalui media sosial yang dia miliki baik secara organik (melalui google search) ataupun menggunakan media periklanan seperti Google ads, facebook ads, dll. atau menggunakan jasa orang lain (jasa review).

Terkait dengan tampilan blognya, halaman yang isinya artikel-artikel untuk mengedukasi biasanya terpisah dengan halaman produk-produknya. Misalnya, produk-produknya dilihat pada domain https://toko.com sedangkan blognya dilihat pada https://blog.toko.com. Cara ini banyak diterapkan oleh toko online besar seperti tokopedia, lazada, bukalapak, dll. Karena mereka sadar pentingnya blog untuk strategi pemasaran mereka. Banyak para blogger yang dipakai jasanya karena tujuan itu.

Memang kalau jual produk-produk yang banyak dengan berbagai jenis, blognya harus dibuat terpisah agar tetap menunjukkan eksistensi toko onlinennya sedangkan blognya hanya sebagai alat marketing saja. Jika kita hanya menjual sebuah atau beberapa produk, maka lebih baik buat tampilan blog yang sederhana yang mampu menyatukan produk dan artikelnya dimana tujuan ngeblognya untuk mendatangkan pengunjung.  Lihat gambar di bawah ini!

Ngeblog Sambil Jualan atau Jualan Sambil Ngeblog
Ngeblog Sambil Jualan atau Jualan Sambil Ngeblog
Gambar di atas menunjukkan tentang SEO dan yang berkaitan dengannya. Jika blog kita SEO maka kita memiliki peluang  untuk mendapatkan uang. Kita lihat bagaimana desain blog juga berpengaruh terhadap SEO maka kita usahakan template yang digunakan adalah template SEO.

Selain itu, kita butuh artikel yang juga SEO. Untuk itu, kita membuat blog dengan strategi "Ngeblog Sambil Jualan atau Jualan Sambil Ngeblog". Jika Anda tertarik menggunakan strategi tersebut, silahkan baca lebih lanjut tentang cara Memakai Template Blog Jualan Produk Sambil Ngeblog dilihat dari jumlah produk dan alamat pengirimannya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ngeblog Sambil Jualan atau Jualan Sambil Ngeblog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Jika ada yang ingin didiskusikan, silahakan berkomentar atau menghubungi kami lewat whatsapp +6282349165919 atau Klik Di Sini. Terima kasih atas kunjungannya!